Selasa, 26 Juli 2011

kedutan memang ada dan tidak syirik

oleh perdana akhmad s.psi
Firasat Memang Ada
Kalangan ulama tidak mengingkari adanya firasat yang dimiliki oleh orang mukmin, apalagi ada hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi yang berbunyi, “Hati-hatilah dengan firasatnya orang mukmin, karena dia melihat dengan cahaya ALLAH.” (HR. Tirmidzi, Gharib)
Ibnul Qayyim Al-Jauziyah termasuk ulama yang menguatkan adanya firasat bagi orang mukmin, seperti terlihat dalam karya-karya beliau. Di antara yang beliau katakan adalah, “Barangsiapa yang menjaga dhahirnya dengan mengikuti sunnah, menjaga hatinya dengan muraqabah, menjaga matanya dari yang haram dan mencegah nafsunya dari syubhat dan makan (hanya) dari yang halal, niscaya firasatnya tidak salah.”
Hanya saja, hakikat dan bagaimana terjadinya firasat sangatlah berbeda dengan apa yang dipahami oleh orang-orang yang mempercayai hubungan kedutan dengan peristiwa yang akan terjadi.
Al-Hafizh Al-mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwazhi bi syarh jami’ Tirmidzi, ketika menjelaskan hadits di atas menyatakan: (firasat) bisa memiliki dua pengertian, seerti yang terlihat pada dhahir hadits, yakni ALLAH menyusupkan firasat itu di hati para wali-NYA, sehingga mereka mengetahui kondisi seseorang sebagai bagian dari karomah, atau memiliki ketepatan wawasan, dugaan dan kemantapan. Makna kedua, dia mendaptkan (firasat) itu berdasarkan pengalaman, keadaan, ata perilaku kebiasaan yang dengannya bisa diketahui kondisi manusia.
berikut kedutan dari imam jafar shodiq
Berkata imam jafar sodiq r.a. Sesungguhnya kedutan itu ilmu yakin, tiada keraguan dan tiada persangkaan.
Berkata imam ja'far sodir r.a. Kedutan kepala kanan tanda rizki, kepala kiri tanda akan pergi untuk kebaikan dalam riwayat lain kebahagiaan. Kedutan kening dapat kebaikan. Kedutan pelipis kanan kebungahan dan kebahagiaan, dalam riwayat lain kematian kerabat dekat. Begitu juga kedutan pelipis kiri atau sembuh penyakitnya atau hal yg menyenangkan hati. Alis kanan tanda akan melihat kekasih atau orang yg dicinta atau akan mendapat apa yg dibencinya atau bepergian jauh. Alis kiri tanda ketiban bungah (kebungahan) atau akan sakit. Kelopak mata kanan atas tanda sesuatu yg dibenci. Kelopak mata kanan bawah sesuatu yg disuka. Kelopak mata kiri atas sesuatu yg dibenci. Kelopak mata kiri bawah kebaikan. Mata kanan akan ada yg mati dari rumahnya. Mata kiri dapat kesenangan. Seluruh mata tanda kesehatan badan. Hidung kanan, selamat dari kejahatan musuh. Hidung kiri nikmat, menurut riwayat laen bahaya. Seluruh hidung, harta banyak. Kuping kanan, harta. Kuping kiri dapat musibah tapi selamat, jika yg kedutan cewek akan bertemu jodoh. Kedutan seluruh lisan, sehat dari kepayahan. Lisan kanan, kejahatan. Mulut kana dan kiri dapat apa yg disukai. Kedutan penis/klitoris tanda kebungahan, menurut riwayat lain akan melakukan perbuatan jahat. Telur kanan atau bibir vagina kanan tanda tercapai hajat. Telur kiri atau bibir vagina kiri tanda akan nikah (senggama/aqad nikah).
maka yang menganggap kedutan syirik ia dusta.

1 komentar:

  1. Benjamin Moore Titanium-art - Stone Artworks
    In stone sculptures, these titanium white fennec are titanium drill bit set often referred to aftershokz trekz titanium as pillars, Joseph Tut was sculpted by Benjamin Moore to have an titanium melting point Egyptian titanium flat irons sculpture with a "prodition" to date.

    BalasHapus